ao camciicamcioo's: pentingnya hubungan internasional camciio's









Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Kamis, 24 Maret 2011

pentingnya hubungan internasional


Beberapa factor yang ikut menentukan dalam proses hubungan internasional baik secara bilateral maupun multilateral antara lain adalah kekuatan nasional, jumlah penduduk, sumber daya, dan letak geografis.
Dalam kenyataannya  tidak ada Negara yang tidak membutuhkab hubungan dengan Negara lain. Bahkan Negara-negara industri maju pun membutuhkan Negara-negara industri majupun membutuhkan bahan mentah yang mungkin lebih banyak dimiliki oleh Negara yang sedang berkembang.
Secara umum titik berat dalam hubungan internasional antara lain adalah bidang pertahanan dan keamanan, ekonomi, social budaya, dan ideologi. Hubungan semacam ini biasanya kepentingan bersama umat manusia yang bersifat universal.
Suatu Negara dapat mengadakan kerja sama antarnegara atau hubungan internasional manakala kemerdekaan dan kedaulatannya baik secara de facto maupun de jure telah diakui oleh Negara lain. Perlunya kerja sama dalam bentuk hubungan internasional antara lain karena factor-faktor berikut.
  1. Faktor internal, yaitu adanya kekhawatiran terancam kelangsungan hidupnya baik melalui kudeta maupun intervervensi dari Negara lain.
  2. Faktor eksternal, yaitu ketentuan hukum alam yang tidak dapat dipungkiri bahwa suatu Negara tidak dapat berdiri sendiri tampa bantuan dan kerja sama dengan sama dengan Negara lain. Ketergantungan tersebut terutama dalam upaya memecahkan masalah-masalah ekonomi, politik, hukum, sosial budaya, pertahan dan keamanan.

0 komentar:

Poskan Komentar