Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
BAHASA ARAB
(PROGRAM STUDI BAHASA)
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
KATA PENGANTAR
Keputusan Menteri Pendidikan Nasional No. 153/U/2003, tanggal 14 Oktober 2003,
tentang Ujian Akhir Nasional Tahun Pelajaran 2003/2004, antara lain menetapkan bahwa
dalam pelaksanaan ujian akhir nasional ada mata pelajaran yang naskah soalnya disiapkan
oleh pusat dan ada mata pelajaran yang naskah soalnya disiapkan oleh sekolah. Mata
pelajaran yang naskah soalnya disiapkan oleh pusat untuk SMA dan MA adalah (1)
Program IPA mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris, dan
Matematika; (2) Program IPS mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa Inggris,
dan Ekonomi; (3) program Bahasa mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan
bahasa asing lainnya (Bahasa Arab, Bahasa Jepang, Bahasa Jerman, Bahasa Prancis atau
Bahasa Mandarin).
Berkaitan dengan hal tersebut, Pusat Penilaian Pendidikan menyiapkan buku panduan
materi untuk mata pelajaran-mata pelajaran yang naskah soalnya disiapkan oleh pusat.
Buku ini memuat uraian tentang hal-hal sebagai berikut.
1. Gambaran umum.
2. Standar kompetensi lulusan.
3. Ruang lingkup, ringkasan materi, beserta latihan dan pembahasannya.
Buku panduan materi ujian ini dimaksudkan untuk memberi arah kepada guru dan
siswa tentang materi yang akan diujikan berkaitan dengan berbagai kompetensi lulusan
dalam mata pelajaran-mata pelajaran tersebut. Dengan adanya buku panduan materi ujian
ini, diharapkan para guru dapat menyelenggarakan proses pembelajaran yang lebih
terarah, dan para siswa dapat belajar lebih terarah pula. Dengan demikian, diharapkan para
siswa dapat mencapai hasil ujian yang sebaik mungkin.
Semoga buku ini bermanfaat bagi berbagai pihak dalam rangka meningkatkan mutu
proses dan hasil belajar siswa.
Jakarta, 10 Desember 2003
Kepala Pusat Penilaian Pendidikan,
Bahrul Hayat, Ph.D.
NIP 131602652
i
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
DAFTAR ISI
Halaman
Kata Pengantar ............................................................................................................... i
Daftar Isi ........................................................................................................................ ii
Gambaran Umum ........................................................................................................... 1
Standar Kompetensi Lulusan ......................................................................................... 2
Ruang Lingkup dan Ringkasan Materi .......................................................................... 3
• Kompetensi 1 ......................................................................................................... 3
• Kompetensi 2 ......................................................................................................... 7
• Kompetensi 3 ......................................................................................................... 21
• Kompetensi 4 ......................................................................................................... 27
ii
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
1. Pada ujian nasional tahun pelajaran 2003/2004, bentuk tes Bahasa
Arab tingkat SMA/MA, berupa tes tertulis dengan bentuk soal pilihan
ganda, sebanyak 60 soal dengan alokasi waktu 120 menit.
2. Acuan yang digunakan dalam menyusun tes ujian nasional adalah
kurikulum 1994 dan standar kompetensi lulusan.
3. Materi yang diujikan untuk mengukur kompetensi tersebut meliputi:
pemahaman terhadap kata, kalimat dan paragraf melalui huruf
hijaiyah; memahami teks; memahami makna gambar; memahami kosa
kata, ujaran-ujaran komunikatif, unsur-unsur bahasa (struktur bahasa).
GAMBARAN UMUM
1
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
1. Siswa mampu memahami kata, kalimat, dan paragraf melalui huruf hijaiyah.
2. Siswa mampu memahami teks, narasi, deskripsi dengan menentukan tema,
pokok pikiran/pikiran utama, informasi tersurat/tersirat, dan makna kata
serta menyimpulkan isi wacana secara singkat.
3. Siswa mampu memahami gambar, silsilah, pengumuman, denah dengan
menentukan kosakata/kalimat yang tepat.
4. Siswa mampu menulis kalimat percakapan dengan menggunakan kosakata
ujaran-ujaran komunikatif unsur-unsur bahasa (struktur bahasa).
2
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
RUANG LINGKUP DAN RINGKASAN MATERI
Ruang lingkup
- Pembagian kata ( ( َ كلِمَة
- Pembagian kalimat ( (جُمَْلة
- Paragrap
Ringkasan Materi dan contoh soal
Kata ( اْل َ كلِمَة ) terbagi menjadi tiga macam
1. isim ( (اِسْمٌ
2. fi’il ( (فِعْ ٌ ل
3. harf ( (حَرْفٌ
KOMPETENSI 1
3
Siswa mampu memahami kata, kalimat, dan paragraf melalui huruf hijaiyah.
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
1. Pembagian isim ( (الاِسْمُ
الْمُ َ ذكَّرُ وَالْمُؤَنَّ ُ ث
Contoh soal : -
النَّكِرَةُ وَالْمَعِْرَفةُ
Contoh soal : -
الْمُفْرَدُ وَاْلمَُثنَّي وَاْلجَمْعُ
Contoh soal : -
النَّعْتُ وَاْلمَنْعُوْتُ
Contoh soal : -
اِسْمُ الإِشَارَةِ
Contoh soal : -
اِسْمُ الْفَاعِ ِ ل
Contoh soal : -
اِسْمُ اْلمَ ْ فعُوْلِ
Contoh soal : -
الاِسْمُ اْلمَوْصُوْلُ
Contoh soal : -
الْمُضَافُ وَالْمُضَافُ إَِليْهِ
Contoh soal : -
اِسْمُ التَّفْضِيْ ِ ل
Contoh soal : -
4
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
2. Pembagian fi'il
Berdasarkan waktu ( (ِباعْتِبَارِ زَمَِنهِ
Contoh soal : -
الْمُجَرَّدُ وَالْمَِزيْدُ
Contoh soal : -
اللاَّزِمُ وَاْلمُتَعَدِّي
Contoh soal : -
اْلفِعْ ُ ل اْلمَجْهُوْلُ
Contoh soal : -
الأَفْعَالُ الْخَمْسَةُ
Contoh soal : -
3. Pembagian harf
أَحْرُفُ الْجَرِّ
Contoh soal : -
أَحْرُفُ النَّصْ ِ ب
Contoh soal : -
اْلعَ ْ طفُ
Contoh soal : -
الظَّرْفُ
Contoh soal : -
الضَّمِيْرُ الْمُتَّصِ ُ ل
Contoh soal : -
الضَّمِيْرُ الْمُنَْفصِلُ
Contoh soal : -
أَدَاةُ الاِسْتِْثنَاءِ
Contoh soal : -
حَرْفُ النَّدَاءِ
Contoh soal : -
5
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
Kalimat ( الْجُمَْلةُ ) terbagi atas
الْجُمَْلةُ الْفِعْلِيَّةُ . 1
Contoh : يَصُوْمُ الْمُسْلِمُ فِي رَمَضَانَ
الْجُمَْلةُ الاِسْمِيَّةُ . 2
Contoh : الْمُسْلِمُ يَصُوْمُ فِي رَمَضَانَ
خَبَرٌ مُقَدَّمٌ -
Contoh soal :
التَّعَجُّبُ -
Contoh soal :
6
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
Ruang Lingkup
Tema, pokok pikiran, program utama, informasi tersirat, informasi tersurat,
makna kata, kesimpulan dan cara menentukannya.
Ringkasan Materi dan contoh soal
1. Tema : dalam bahasa Arab disebut
اْلمَوْضُوْعُ
Contoh menentukan tema
ذَهَبَ عُمَرُ إَِلي شَاطِئِ الِْبحِْر مَعَ أُسْرَتِهِ، خَرَجُوْا مِنَ الْبَيْتِ صَبَاحًا،وَوَصَُلوْا هُنَاكَ
نَهَارًا، هُنَاكَ يَتَمَتَّعُوْنَ ِبجَمَالِ مَنَاظِِر الشَّاطِئِ حَتَّي جَاءَ الْمَسَاءُ
Dari kalimat (jumlah) pertama :
Umar pergi ke pantai bersama ذَهَبَ عُمَرُ إَِلي شَاطِئِ الِْبحِْر مَعَ أُسْرَتِهِ
keluarganya
Dari kalimat (jumlah) ke 4
di sana mereka menikmati هُنَاكَ يَتَمَتَّعُوْنَ ِبجَمَالِ مَنَاظِِر الشَّاطِئِ
indahnya pemandangan pantai
maka tema wacana di atas adalah
rekreasi ke pantai النُّزْهَُة إَِلي شَاطِئِ الْبَحِْر
KOMPETENSI 2
Siswa mampu memahami teks, narasi, deskripsi dengan menentukan tema, pokok
pikiran/pikiran utama, informasi tersurat/tersirat, dan makna kata serta
menyimpulkan isi wacana secara singkat.
7
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
2. Pokok pikiran : dalam bahasa Arab disebut
الْفِكْرَةُالرَّئِيْسِيَّةُ
Cara menentukannya:
حِْلمِي َ طالِبٌ، أَبُوْهُ َفقِيْرٌ، بَيْتُهُ بَعِيْدٌ عَنْ مَدْرَسَتِهِ، يَذْهَبُ حِْلمِي ُ كلَّ يَوْمٍ إَِلي الْمَدْرَسَةِ
Dari kalimat (jumlah) ke 2
ayahnya orang miskin أَبُوْهُ َفقِيْرٌ
Dari kalimat (jumlah) ke 3
rumahnya jauh dari sekolah بَيْتُهُ بَعِيْدٌ عَنْ مَدْرَسَتِهِ
Dari kalimat (jumlah) ke 4
Hilmi pergi ke sekolah setiap hari يَذْهَبُ حِْلمِي ُ كلَّ يَوْمٍ إَِلي الْمَدْرَسَةِ
maka pokok pikiran wacana di atas adalah
Hilmi seorang siswa yang sabar حِلِمِي طَالِبٌ صَاِبرٌ وَ مُجْتَ ِ هدٌ
dan rajin
3. Program utama
Contoh menentukannya
حَضَرْتُ فِي اجْتِمَاعِ الْمَدْرَسَةِ. الْمُتَ َ كلِّمُ الأَوَّلُ يَبْحَثُ عَ ِ ن النَّشَاطَاتِ غَيْرِالْمَنْهَ ِ جيَّةِ
نَحْوَ خَمْسَ عَشْرَةَ دَقِيَْقًة، وَالْمُتَ َ كلِّمُ الثَّاِني يَبْحَثُ عَ ِ ن النِّظَامِ الْمَدْرَسِيِّ سَاعًَة وَاحِدَةً،
وَالْمُتَ َ كلِّمُ الثَّالِ ُ ث يَبْحَثُ عَ ِ ن الْكُتُ ِ ب الْمَدْرَسِيَّةِ عِشِْريْنَ دَقِيَْقًة.
Dari kalimat(jumlah) ke 2, yaitu
عَ ِ ن النَّشَاطَاتِ غَيْرِالْمَنْهَ ِ جيَّةِ نَحْوَ خَمْسَ عَشْرَةَ دَقِيَْقًة
Pembicara I : membahas tentang kegiatan ekstra kurikuler selama 15 menit
Dari kalimat(jumlah) ke 3, yaitu
يَبْحَثُ عَ ِ ن النِّظَامِ الْمَدْرَسِيِّ سَاعًَة وَاحِدَةً
Pembicara ke II : membahas tentang disiplin sekolah satu jam
Dari kalimat(jumlah) ke 4, yaitu
يَبْحَثُ عَ ِ ن الْكُتُ ِ ب الْمَدْرَسِيَّةِ عِشِْريْنَ دَقِيَْقًة
8
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
Pembicara ke III : membahas tentang buku-buku pelajaran selama 20 menit
Jadi acara/program utamanya adalah :
informasi tentang disiplin sekolah اْلمَعُْلوْمَاتُ عَ ِ ن النِّظَامِ الْمَدْرَسِيِّ
4. Informasi tersirat
اْلمَعُْلوْمَاتُ َ غيرُ الْمَكْتُوْبَةِ
Contoh menentukannya
تَذْهَبُ أُمِّيْ إَِلي اْلمُسْتَشَْفي ُ كلَّ يَوْمٍ. هِيَ تَعْمَلُ ِبنَشَاطٍ وَاجِْنهَادٍ. تُسَاعِدُهَا
اْلمُمَرِّضَاتُ وَ هُنَّ أَيْضًا يَعْمَلْنَ ِبنَشَاطٍ
Dari wacana di atas dapat diketahui bahwa ibu saya adalah seorang dokter
أُمِّيْ َ طِبيْبٌَة) ) , karena pada kalimat (jumlah) ke 1 yaitu
ibuku pergi ke rumah sakit setiap hari تَذْهَبُ أُمِّيْ إَِلي اْلمُسْتَشَْفي ُ كلَّ يَوْمٍ
dan kalimat(jumlah) ke 3 yaitu
dia dibantu oleh para perawat تُسَاعِدُهَا اْلمُمَرِّضَاتُ
menunjukkan bahwa ibuku dokter dan ini tidak terdapat dalam wacana secara
tertulis.
5. Makna kata, dalam bahasa مُرَادِفٌ = مَعْنًي
Arab yaitu Contoh menentukannya
أُرِيْدُ أَنْ أُوَفِّرَ النُّقُوْدَ فِي الْبَنكِ َف َ ذهَبْتُ إَِليْهِ مَعَ أَخِي حَامِدٌ.
Kata yang digarisbawahi
أُوَفِّرَ artinya menabung atau أَدَّخِرُ
6. Informasi tersurat
اْلمَعُْلوْمَاتُ الْمَكْتُوْبَةِ
Contoh menentukannya
يُسَافِرُ أَحْمَدُ إَِلي مَكََّة فِي الشَّهِْر الآتِي. هُوَ يُِريْدُ اْلعُمْرَةَ، وَسَيَعُوْدُ مِنْ مَكََّة
إِنْ شَاءَ اللهُ بَعْدَ أُسْبُوْعَيْ ِ ن.
نَعِْرفُ مِنَ اْلقِرَاءَ ةِ السَّاِبَقةِ أَنَّ أَحْمَدُ مُسَافِرٌ إَِلي مَكََّة لِلْعُمْرَةِ.
Jadi informasi tersurat dari wacana di atas, bahwa Ahmad akan pergi ke Makkah
untuk umroh, karena pada wacana tersebut terdapat kalimat
هُوَ يُِريْدُ الْعُمْرَةَ
9
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
Keterangan :
Di dalam soal, kata-kata tersirat/tersurat biasanya diungkapkan dengan kata atau
dengan kalimat tanya.
7. Menyimpulkan isi wacana
Contoh
يُغَادِرُ َ لاعِبُوْ كُرَةِ الَْقدَمِ جَا َ كرْتَا وَيَتَّ ِ جهُوْنَ إَِلي تَايْ َ لان. هُنَاكَ مُبَارَاةُ كُرَةِ الَْقدَمِ
بَيْنَ ِب َ لادِ جَنُوْبِ شَرْقِيِّ آسِيَا، هُمْ يَرْجُوْنَ الدُّعَاءَ مِنْ شَعْ ِ ب إِنْدُوِْنيْسِيَا لِيَُفوْزُوْا
فِي هَذِهِ الْمُبَارَاةِ.
+ لِمَاذَا يُغَادِرُ َ لاعِبُوْ كُرَةِ الَْقدَمِ جَا َ كرْتَا؟
- هُمْ يُغَادِرُوْنَ جَا َ كرْتَا لاِشْتِرَاكِ ِ همْ فِي مُبَارَاةِ كُرَةِ الَْقدَمِ فِي تَايْ َ لان
karena pada wacana di atas terdapat kalimat
هُنَاكَ مُبَارَاةُ كُرَةِ الَْقدَمِ
هُمْ يَرْجُوْنَ الدُّعَاءَ مِنْ شَعْ ِ ب
إِنْدُوِْنيْسِيَا لِيَُفوْزُوْا
di sana ada pertandingan sepakbola
dan kalimat
mereka mengharapkan do’a dari
bangsa Indonesia agar menang
10
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
مِنْ عَلاَمَاتِ الْبَيْتِ الْ َ كِبيِْر أَنْ يَكُوْنَ َلهُ .... . 1
a. أَبْوَابٌ َ كثِيْرَةٌ وَمُتَنَوِّعٌَة
b. شَبَاِبيْكُ َ كثِيْرَةٌ وَ َ كِبيْرَةٌ
c. أَعْمِدَةٌ َ ط ِ ويَْلٌة وَ َ كِبيْرَةٌ
d. مَصَاِبيْحُ َ كثِيْرَةٌ وَمُتََلوِّنٌَة
e. غُرَفٌ َ كثِيْرَةٌ وَ َ كِبيْرَةٌ
Jawab : E
Kalimat مِنْ عَلاَمَاتِ الْبَيْتِ الْ َ كِبيِْر artinya :
diantara tanda rumah yang besar, jadi jawabnya
غُرَفٌ َ كثِيْرَةٌ وَ َ كِبيْرَةٌ kamar yang banyak dan besar
Penjelasan
عِنْدِيْ أُسْرَةٌ سَعِيْدَةٌ. أَعْضَاءُ أُسْرَتِي: أَخِي وَأُخْتِي وَأَِبي وَأُمِّي.
وَ ُ كلُّ أَفْرَادِ أُسْرَتِي خَمْسٌَة.
؟ ....
2.
a. أَيْنَ أَعْضَاءُ أُسْرَتِي
b. َ كمْ عَدَدَ أَفْرَادِ أُسْرَتِي
c. هَ ْ ل أَفْرَادُ أُسْرَتِي خَمْسٌَة
d. اُذْ ُ كرْ مِنْ أُسْرَتِكُمْ وَ َ كمْ ُ كلُّ أَفْرَادِ أُسْرَتِكُمْ
e. هَ ْ ل تُصَدِّقُ أَنَّ أُسْرَتِي ُ كلُّهُمْ خَمْسٌَة
Jawab : D
Kalimat di atas أَعْضَاءُ أُسْرَتِي dst.nya
menunjukkan, bahwa anggota keluarga ada 5 orang:
saudara saya yang laki-laki, saudara saya ayang
perempuan, ayah dan ibu, serta saya sendiri.
Jadi gawabnya اُذْ ُ كرْ مِنْ أُسْرَتِكُمْ وَ َ كمْ ُ كلُّ أَفْرَادِ أُسْرَتِكُمْ
‘Sebutkan keluargamu dan berapa orang semuanya>
Penjelasan
LATIHAN DAN PEMBAHASAN
11
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
ذَهَبَتْ فَاطِمَةُ يَوْمَ الأَحَدِ اْلمَاضِي إَِلي جُنَيْنَةِ الْحَيَوَانَاتِ. شَارَ َ كتْ
فَاطِمَةُ وَالِدَاهَا. أَرَادَتْ فَاطِمَةُ أَنْ تَكْتُبَ مَقَاَلًة عَ ِ ن الْوُحُوْشِ فِي
إِنْدُوِْنيْسِيَا.
+ لأَيِّ َ غرَضٍ ذَهَبَتْ فَاطِمَةُ إَِلي جُنَيْنَةِ اْلحَيَوَانَاتِ؟
- ذَهَبَتْ فَاطِمَةُ ... عَ ِ ن الْحَيَوَانَاتِ الْوَحْشِيَّةِ.
3.
a. لِلنَّ َ ظِر
b. لِلشِّرَاءِ
c. لِلْبَحْثِ
d. لِلْبَيْ ِ ع
e. لِلدَّفْ ِ ع
Jawab : C
Kalimat أَرَادَتْ فَاطِمَةُ أَنْ تَكْتُبَ مَقَاَلًة عَ ِ ن الْوُحُوْشِ
artinya ; Fatimah ingin menulis makalah tentang binatang
liar, jadi َ غرَضٌ = tujuan Fatimah ke kebun binatang
لِلْبَحْثِ untuk penelitian.
Penjelasan
12
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
يَعِيْشُ النَّاسُ سُعَدَاءَ إِذَا تَعَاوَنُوْا وَ ... بَعْضُهُمْ بَعْضًا. . 4
a. تَ َ ذاكَرُوْا وَتَخَاوَُفوْا
b. تَشَاوَرُوْا وَتَوَاصَوْا
c. تَ َ كارَمُوْا وَتَرَاحَمُوْا
d. تَحَافَ ُ ظوْا وَتَسَامَعُوْا
e. تَ َ كاَلمُوْا وَتَرَاحَبُوْا
Jawab : C
Pada kalimat di atas terdapat kata تَعَاوَنُوْا artinya :
tolong menolong, maka jawaban yang tepat adalah
تَ َ كارَمُوْا وَتَرَاحَمُوْا artinya saling menghormati dan saling
menyayangi>
Penjelasan
الْمُدَرِّسُ : أَيْنَ تََقعُ ِب َ لادُنَا إِنْدُوِْنيْسِيَا ؟
الطَّلِبُ : هِيَ تََقعُ بَيْنَ الْقَارَّتَيْ ِ ن: آسِيَا وَأُسْترَالِيَا وَبَيْنَ الْمُحِيْ َ طيْ ِ ن
اْل ِ هنْدِي وَاْلهَادِي
الْمُدَرِّسُ : نَعَمْ، وَالآنَ أَعِدِ الْجَوَابَ يَا عُمَرُ !
عُمَرُ : هِيَ تََقعُ بَيْنَ الْقَارَّتَيْ ِ ن ....
5.
a. وَالْمُحِيْ َ طيْ ِ ن
b. آسِيَا وَالْمُحِيْ َ طيْ ِ ن اْلهَادِي
c. آسِيَا وَأُسْترَالِيَا وَبَيْنَ الْمُحِيْ َ طيْ ِ ن اْل ِ هنْدِي وَاْلهَادِي
d. أُسْترَالِيَا وَالْمُحِيْ َ طيْ ِ ن اْل ِ هنْدِي
e. وَالْمُحِيْ َ طيْ ِ ن فِي آسِيَا
Jawab : C
13
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
ِِ
Pada teks di atas terdapat
هِيَ تََقعُ بَيْنَ الْقَارَّتَيْ ِ ن: آسِيَا وَأُسْترَالِيَا وَبَيْنَ الْمُحِيْ َ طيْ ِ ن
اْل ِ هنْدِي وَاْلهَادِي
artinya Ia (Indonesia) terletak antara dua benua Asia dan
Australia, dan antara dua samodra Hindia dan Pasifik;
jadi jawabnya : C
Penjelasan
إِنَّ ِنظَامَ الْحُكُوْمَةِ الإِنْدُوِْنيْسِيَّةِ يَعْتَمِدُ عََلي الأَحْكَامِ .... . 6
a. النُّوَّاِبيَّةِ
b. الْوَزِيِْريَّةِ
c. السُّلْطَاِنيَّةِ
d. الْقَانُوِْنيَّةِ
e. الرَّئِيْسِيَّةِ
Jawab : D
Soal di atas artinya : Susunan pemerintahan Indonesia
berdasarkan hukum; jadi jawabnya القَانُوِْنيَّةِ artinya
undang-undang.
Penjelasan
رِضْوَانُ : يَا أَخِي، لِمَاذَا جَاهَدَ الأَبْ َ طالُ الإِنْدُوِْنيْسِيُّوْنَ ِبشَجَاعَةٍ
وَهُمْ َ لا يَخَافُوْنَ اْلمَوْتَ؟
سَعِيْدٌ : لأَنَّهُمْ يُحِبُّوْنَ وَ َ طنَهُمْ وَلأَنَّ حُبَّ ... مِنَ الإِيْمَانِ.
7.
a. الْمَالِ
b. الْوَ َ ط ِ ن
c. الِْب َ لادِ
d. الدَّوَْلةِ
e. الأَوْ َ لادِ
Jawab : B
14
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
Kalimat لأَنَّهُمْ يُحِبُّوْنَ وَ َ طنَهُمْ artinya karena mereka
mencintai tanah aitnya; jadi jawabnya adalah الْوَ َ ط ِ ن
artinya tanah air.
Penjelasan
مُعْتَِنُقوْا الأَدْيَانِ فِي إِنْدُوِْنيْسِيَا يَُقوْمُوْنَ ِبتَعَالِيْ ِ م ... أَحْرَارًا وَيَحْتَِرمُ
بَعْضُهُمْ بَعْضًا وَيَتَسَامَحُوْنَ فِي مُعَامََلتِ ِ همُ الْيَوْمِيَّةِ.
8.
a. اِعْتِقَادِهِمْ
b. دِيِْن ِ همْ
c. إِيْمَاِن ِ همْ
d. إِرَادَتِ ِ همْ
e. عَقِيْدَتِ ِ همْ
Jawab : B
Kalimat مُعْتَِنُقوْا الأَدْيَانِ فِي إِنْدُوِْنيْسِيَا يَُقوْمُوْنَ ِبتَعَالِيْ ِ م
artinya: Para pemeluk agama di Indonesia mengamalkan
ajaran ... , maka jawaban yang tepat adalah دِيِْن ِ همْ
artinya agama mereka.
Penjelasan
إِذَا أَرَدْتَ أَنْ تُرْسِ َ ل الرِّسَاَلَة ِبالْبَِريْدِ الْمُسَجَّ ِ ل فِي مَكْتَ ِ ب الْبَِريْدِ
وَ ُ كلُّهَا تَسْتَعِدُّ لِلإِرْسَالِ، َفمُوَظَّفُ الْبَِريْدِ يُعْطِيْكَ ....
9.
a. الرِّسَاَلَة
b. الظَّرْفَ
c. الاِيْصَالَ
d. الطَّوَاِبعَ
e. الَْقَلمَ
Jawab : C
Penjelasan
15
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
فَائِدَةُ اْلبَنكِ فِي الشُّئُوْنِ الاِقْتِصَادِيَّةِ مَا يَْأتِي إِلاَّ .... . 10
a. لإِدِّخَالِ النُّقُوْدِ
b. لِتَحْ ِ ويْ ِ ل النُّقُوْدِ
c. لاِرْسَالِ النُّقُوْدِ
d. لِبَيْ ِ ع النُّقُوْدِ
e. لِصَرْفِ الشِّيْ َ كاتِ
Jawab : D
Yang ditanyakan adalah yang tidak termasuk manfaat
Bank; jadi jawabnya لِبَيْ ِ ع النُّقُوْدِ yang artinya untuk
menjual uang.
Penjelasan
فِي الْجَامِعَاتِ ُ كلَّيَّاتٌ، وَتَشْمُلُ ُ كلُّ ُ كلَّيَّةٍ أَقْسَامًا لِتَعْلِيْ ِ م الطُّلاَّبِ
تَعْلِيْمًا أَعَْلي فِي الْعُلُوْمِ وَ ... وَتَهْتَمُّ ِبأَعْمَالِ الْبُحُوْثِ الْعِلْمِيَّةِ.
11.
a. الْفُنُوْنِ
b. بَحْثُ الْمَالِ
c. الدَّرَجَةُ اْلعُْليَا
d. السِّيَاسَةِ
e. الْمَعِْرَفةِ
Jawab : A
Kalimat
وَتَشْمُلُ ُ كلُّ ُ كلَّيَّةٍ أَقْسَامًا لِتَعْلِيْ ِ م الطُّلاَّبِ تَعْلِيْمًاأَعْلَي فِي
الْعُلُوْمِ
artinya : setiap Fakultas mencakup beberapa jurusan untuk
mengajarkan mahasiswa yang lebih tinggi dalam
ilmu; jadi jawabnya وَالْفُنُوْنِ yang artinya semua bidang
ilmu>
Penjelasan
16
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
الطَّالِبُ الَّذِي يَحْصُلُ عََلي ... الدِّرَاسِيَّةِ َ لا يَدَْفعُ الرُّسُوْمَ الدِّرَاسِيَّةِ . 12
a. َلقْبَةِ
b. الْعِبَادَةِ
c. الْمِنْحَةِ
d. الرِّعَايَةِ
e. الْكُتُ ِ ب
Jawab : C
Pada kalimat di atas terdapat kalimat
tidak membayar uang kuliah = َ لا يَدَْفعُ الرُّسُوْمَ الدِّرَاسِيَّةِ
jadi jawabnya الْمِنْحَةِ yang artinya bea siswa>
Penjelasan
يَتَعَلَّمُ شُ ْ كرَانُ فِي كُلِيَّةِ الطِّبِّ ِبالْجَامِعَةِ الإِنْدُوِْنيْسِيَّةِ.
+ مَاذَا أَمَلُ شُ ْ كرَانَ
- أَمَلُهُ أَنْ يَكُوْنَ ....
13.
a. َ طِبيْبًا
b. مُدَرِّسًا
c. مُهَنْدِسًا
d. تَا ِ جرًا
e. مَحَامِيا
Jawab : A
Pada kalimat di atas terdapat kata كُلِيَّةِ الطِّبِّ yang
artinya Fakultas Kedokteran; jadi jawabnya = َ طِبيْبًا
dokter.
Penjelasan
17
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
اِجْتَمَعَ بَعْضُ طُلاَّبِ الْمَدْرَسَةِ الثَّانَ ِ ويَّةِ الْعَامَّةِ يَتَشَاوَرُوْنَ فِي قَضَاءِ
أَيَّامِ عُطَْلتِ ِ همْ وَاتََّفُقوْا عََلي خِدْمَةٍ اِجْتَمَاعِيَّةٍ مِثْ ِ ل تَوْزِيْ ِ ع ... الرَّئِيْسِيَّةِ
وَالْمَ َ لاِب ِ س الْمُسْتَعْمََلةِ الْمُنَاسِبَةِ لِْلُفَقرَاءِ وَالْمَسَاكِيْ ِ ن.
14.
a. مَوَادِّ الْبَيْتِ
b. مَوَادِّ الْغِذَاءِ
c. مَوَادِّ الدُّكَّانِ
d. الأَمْوَالِ
e. الأَشْيَاءِ
Jawab : B
Pada wacana di atas terdapat kata = خِدْمَةٍ اِجْتَمَاعِيَّةٍ
pengabdian sosial dan kata لِْلُفَقرَاءِ وَالْمَسَاكِيْ ِ ن = fakir
miskin; jadi jawaban yang tepat adalah = مَوَادِّ الْغِذَاءِ
bahan makana
Penjelasan
18
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
وََقدْ تَمْنَحُ بَعْضُ اْلجَامِعَاتِ مِنَحًا دِرَاسِيًَّة لِلطُّلاَّبِ. َفيَدْرُسُوْنَ فِيْهَا
مَجَّانًا وَتُوَزِّعُ عََليْ ِ همُ الْ ُ كتُبُ وَاْلمُ َ ذكَّرَاتُ وَتُمْنَحُ نََفَقاتُ سََفِرهِمْ
إَِليْهَا وَالْعَوْدَةِ غَِلي ِب َ لادِهِمْ.
الَْفكْرَةُ الرَّئِيْسِيَّةُ مِنْ هَذِهِ الْجُمَْلةِ هِيَ ....
15.
تُعْطِي بَعْضُ الْجَامِعَاتِ فِي الشَّرْقِ الأَوْسَطِ مِنَحّا دِرَاسِيًَّة
لِجَمِيْ ِ ع الطُّلاَّبِ
a.
b. تُعْطِي الْجَامِعَاتُ الإِسْ َ لامِيَّةُ مِنَحّا دِرَاسِيًَّة لِلطُّلاَّبِ الْمُسْلِمِيْنَ
c. تُعْطِي بَعْضُ الْجَامِعَاتِ فِي الشَّرْقِ الأَوْسَطِ النََّفَقَة إَِلي ُ طلاَِّبهَا
تُعْطِي بَعْضُ الْجَامِعَاتِ فِي الشَّرْقِ الأَوْسَطِ مِنَحّا دِرَاسِيًَّة
لِلطُّلاَّبِ الأَجْنَِبيِّيْنَ
d.
َقدْ أَعْ َ طتْ بَعْضُ الْجَامِعَاتِ فِي الشَّرْقِ الأَوْسَطِ مِنَحّا دِرَاسِيًَّة
لِلطُّلاَّبِ الأَجْنَِبيِّيْنَ
e.
Jawab : D
Pada wacana di atas terdapat kalimat
mereka belajar di sana gratis َفيَدْرُسُوْنَ فِيْهَا مَجَّانًا
dan kalimat وَتُمْنَحُ نََفَقاتُ سََفِرهِمْ إَِليْهَا وَالْعَوْدَةِ غَِلي ِب َ لادِهِمْ
biaya pulang perginya diberikan ; jadi jawabnya adalah
D yang berarti bahwa yang diberikan bea siswa adalah
mahasiswa luar negeri.
Penjelasan
19
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
الصَّيْدِلِيَّةُ تَِبيْعُ الدَّوَاءَ َ ك ... وَالْ َ كبْسُوْ َ لاتِ وَاْلُق ْ ط ِ ن وَ َ غيِْر ذَلِكَ.
أَنَا أَشْتَِري الدَّوَاءَ فِيْهَا لِلشُّرْبِ أَوِ الأَكْ ِ ل.
16.
a. الْمِلْ ِ ح
b. الْبَصَ ِ ل
c. الْمِكْنَسَةِ
d. الَْقهْوَةِ
e. الأَقْرَاضِ
Jawab : E
Pada wacana di atas terdapat kata الْ َ كبْسُوْ َ لاتِ artinya
kapsul; jadi jawabnya الأَقْرَاضِ artinya tablet>
Penjelasan
هُنَاكَ هَيَْئاتٌ عَاَلمِيٌَّة تَاِبعٌَة لِهَيَْئةِ الأُمَ ِ م اْلمُتَّحِدَةِن مِنْهَا .... . 17
a. الأَمَانَُة الْعَامَُّة
b. مَجْلِسُ الأَمْ ِ ن
c. الْمَجْلِسُ الْعَامِّ
d. رَاِب َ طةُ الْعَاَل ِ م الإِسْ َ لامِيِّ
e. صُنْدُوْقُ النَّقْدِ الدَّوْلِيِّ
Jawab : E
Kalimat di atas artinya ada organisasi dunia di bawah
PBB dan yang termasuk organisasi tersebut adalah
صُنْدُوْقُ النَّقْدِ الدَّوْلِيِّ (IMF)
Penjelasan
20
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
Ruang Lingkup
Penggunaan kata, kalimat sesuai dengan gambar, silsilah, pengumuman dan
denah.
Ringkasan Materi dan contoh soal
A. Penggunaan kata
1. Kata benda
Menentukan kata benda dalam gambar disesuaikan dengan
مَُثنَّي , مُفْرَدٌ , مُؤَنَّ ٌ ث , مُ َ ذكَّرٌ dan جَمْعٌ
Contoh :
اُنْ ُ ظرُ إَِلي الصُّوْرَةِ ! مَاذَا فِيْهَا ؟
Jawabnya :
فِيْهَا ُ كرَّتَانِ karena pada gambar terdapat 2 buah bola
KOMPETENSI 3
21
Siswa mampu memahami gambar, silsilah, pengumuman, denah dengan
menentukan kosakata/kalimat yang tepat.
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
2. Kata kerja
Menentukan kata kerja dalam gambar, disesuaikan dengan keadaan dalam
gambar, yaitu مَُثنَّي , مُفْرَدٌ , مُؤَنَّ ٌ ث , مُ َ ذكَّرٌ dan جَمْعٌ
Contoh :
اُنْ ُ ظرُ إَِلي الصُّوْرَةِ ! مَاذَا يَفْعَلُ الْوََلدُ ؟ هُوَ ... الْجَِريْدَةَ.
karena pada gambar terlihat seorang anak sedang
membaca, jadi kata yang diminta
يَقْرَأُ
Jawabnya : يَقْرَأُ
B. Penggunaan kalimat
1. Jumlah ismiyah sesuai dengan gambar; yang disesuaikan adalah khobar dan
mubtada
Contoh:
اُنْ ُ ظرُ إَِلي الصُّوْرَةِ ! مَاذَا تَفْعَلُ الأُسْتَاذَةُ ؟
karena pada gambar terlihat seorang
Jawabnya : هِيَ تَشْرَحُ الدَّرْسَ guru sedang mengajarkan pelajaran.
22
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
2. Jumlah fi’liyah sesuai gambar; yang perlu disesuaikan pada jumlah adalah
مُ َ ذكَّرٌ dan مُؤَنَّ ٌ ث nya.
Contoh:
اُنْ ُ ظرُ إَِلي الصُّوْرَةِ ! مَاذَا يَفْعَلُ اْلوََلدُ؟
karena terlihat pada gambar seorang
Jawabnya يَشْرَبُ الْوََلدُ الدَّوَاءَ anak laki-laki sedang minum obat
اُنْ ُ ظرُ إَِلي الصُّوْرَةِ ! مَاذَا ِبجَاِن ِ ب الرُّزْنَامَةِ ؟ ِبجَاِنِبهَا .... . 1
a. سَبُّوْرَةٌ
b. سَاعٌَة
c. صُوْرَةٌ
d. خَِريْ َ طٌة
e. زَهْرَةٌ
Jawab : C
Di dalam gambar terdapat الصُّوْرَةُ (gambar) yang
terletak di dekat kalender.
Penjelasan
LATIHAN DAN PEMBAHASAN
23
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
اُنْ ُ ظرُ إَِلي الصُّوْرَةِ ! هُوَ بَ َ طلُ إِنْدُوِْنيْسِيَا، اِسْمُهُ .... . 2
a. الأَمِيْرُ دِيْبُوِْنيْجُوْرُوْ
b. الإِمَامُ بُنْجُوْل
c. السُّلْطَانُ حَسَنُ الدِّيْ ِ ن
d. تِيْ ُ كوْعُمَر
e. بَاتِي مُوْرَ
Jawab : D
Pada gambar terlihat seorang pahlawan dengan pakaian
adat Aceh; jadi jawaban soal di atas adalah
تِيْ ُ كوْعُمَر
Penjelasan
اُنْ ُ ظرُ إَِلي الصُّوْرَةِ ! هُوَ يُْلقِي ... أَمَامَ الْجَمَاعَةِ. . 3
a. الْكِتَابََة
b. الأَمَانََة
c. اْلقِرَاءَ ةَ
d. الْمُشَاوَرَةَ
e. الْخِطَابََة
Jawab : E
Di dalam gambar terdapat seorang yang berdiri di
mimbar dan di hadapannya ada jamaah; jadi jawabnya
الْخِطَابََة artinya pidato, karena yang ditanyakan apa
yang dilakukan orang itu.
Penjelasan
24
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
+ اُنْ ُ ظرُ إَِلي الصُّوْرَةِ ! ... ؟
- الْمَسِيْحِيُّوْنَ
4.
a. أَيْنَ يَعْبُدُوْنَ رَبَّهُمْ
b. مَنْ يَسْتَعْمِلُ هَ َ ذا الْمَعْبَدَ
c. هَ ْ ل هَ َ ذا الْمَعْبَدُ َ كِبيْرٌ
d. َ كمْ صُوْرَةً تَنْظُرُ الْمَعْبَدَ
e. أَيُّ عَمَلٍ يُوْجَدُ فِي هَ َ ذا الْمَعْبَدِ
Jawab : B
Pada gambar terdapat tempat ibadah dan yang ditanyakan
adalah bagaimana bentuk pertanyaan dari jawaban
الْمَسِيْحِيُّوْنَ . Maka jawaban yang tepat adalah
siapa yang menggunakan tempat مَنْ يَسْتَعْمِلُ هَ َ ذا الْمَعْبَدَ
ibadah ini?
Penjelasan
+ اُنْ ُ ظرُ إَِلي الصُّوْرَةِ ! عَيِّ ِ ن الْجُمَْلَة (الْعِبَارَةَ) الْمُنَاسِبََة ِبالصُّوْرَةِ !
- هَ َ ذا سُوْقٌ ....
5.
a. مَخْصُوْصٌ لِلْمَ َ لاِب ِ س
b. مَخْصُوْصٌ لِلْفَوَاكِهِ
c. مَخْصُوْصٌ لِْلمُعَلِّبَاتِ
d. تَقْلِيْدِيٌّ
e. لِْلخَضْرَوَاتِ
Jawab : D
Pada gambar terdapat barang dagangan yang menggunakan
alat tradisional, yang menunjukkan bahwa pasar itu
pasar tradisional; jadi jawaban soal di atas adalah kata
تَقْلِيْدِيٌّ artinya tradisional
Penjelasan
25
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
اُنْ ُ ظرُ إَِلي الصُّوْرَةِ !
نَسْتَطِيْعُ أَنْ ... أُسْرَتَنَا فِي خَارِجِ الِْب َ لادِ ِبالْهَاتِفِ
6.
a. نَتَّصِ َ ل
b. نَزُوْرَ
c. نُشَاهِدُ
d. نُ َ كلِّمُ
e. نَرَي
Jawab : D
Pada gambar terdapat orang sedang berbicara, maka
jawaban yang tepat adalah kalimat
نُ َ كلِّمُ. artinya kita berbicara
Penjelasan
26
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
Ruang lingkup
1. Menulis (menyempurnakan) kalimat dengan :
a. kosa kata
b. ujaran-ujaran komunikatif
c. unsur-unsur bahasa
2. Menulis (menyempurnakan) percakapan/tanyajawab
3. Menyusun kalimat/paragraf dari kata/kalimat acak
4. Menulis/menyempurnakan paragraf
5. Materi esensial:
a. Perkenalan
b. Lingkungan sekolah
c. Lingkungan keluarga
d. Tanah air
e. Agama
f. Kehidupan sehari-hari
g. Pendidikan
h. Pekerjann
i. Kesehatan
j. Perjalanan
k. Media massa
l. Ekonomi dan Keuangan
m. Hubugan Internasional
KOMPETENSI 4
27
Siswa mampu menulis kalimat percakapan dengan menggunakan kosakata
ujaran-ujaran komunikatif unsur-unsur bahasa (struktur bahasa).
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
Ringkasan materi dan contoh soal
1. a. Menulis/menyempurnakan kalimat dengan kosa kata
مَا اْلهَدْفُ مِنْ اِلْتِزَامٍ ِبِن َ ظامِ الْمَدْرَسَةِ ؟ هَدْفُهُ هُوَ لَِئلاَّ يَكُوْنَ التَّعْلِيْمُ
فِي الْمَدْرَسَةِ ....
1.
a. زِحَامًا
b. صَوْتِياًّ
c. َفوْضَ ِ وياًّ
d. هُدُوْءً
e. مَحْمُوْداً
Jawab : C
الأَرُزَّ وَالذُّرَّةُ وَاْلخَضْرَوَاتُ وَالْفَوَاكِهُ هِيَ مِنْ حَاصِ َ لاتٍ .... . 2
a. صِنَاعِيَّةٍ
b. زِرَاعَيَّةٍ
c. بُسْتَاِنيَّةٍ
d. حَدِيَْقتِيَّةٍ
e. َ طِبيْعِيَّةٍ
Jawab : B
LATIHAN DAN PEMBAHASAN
28
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
اِنَّ ِنظَامَ الْحُكُوْمَةِ الإنْدُوِْنيْسِيَّةِ يَعْتَمِدُ عََلي الأَحْكَامِ .... . 3
a. النُّوَاِبيَّةِ
b. الْوَازِيِْريَّةِ
c. السُّلْطَاِنيَّةِ
d. الْقَانُوِْنيَّةِ
e. الرَّئِيسِيَّةِ
Jawab : D
فِي أَيَّامِ الْعُطَْلةِ يُسَافِرُ التَّ َ لامِيْذُ اَِلي أَمَاكِ ِ ن النُّزْهَةِ َ كتَنْج ُ كوْبَانْ َفرَحُو
وَمَعْبَدِ بُرُوْبُدُورْ وَبَالِي وَ ....
4.
a. اْلمُسْتَشَْفي
b. مَكْتَ ِ ب الْبَِريْدِ
c. الْمَزْرَعَةِ
d. بُحَيْرَةِ تُوْبَا
e. اْلبَنْك
Jawab : D
خَصَائِصُ التِّلْفِِزيُون أَنَّهُ يُذِيْعُ اْلأَخْبَارَ .... . 5
a. صَوْتًا وَ َ ك َ لامًا
b. خَبَرًا وَمُشَاهَدَةً
c. خَبَرًا وَصُوْرَةً
d. صَوْتًا وَحَاضِرًا
e. صَوْتًا وَصُوْرَةً
Jawab : E
29
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
النُُّقوْدُ الَّتِي نَتَعَامَ ُ ل ِبهَافِي حَيَاتِنَا مِنْ ... لِتَ َ طوُّرِ اْقتِصَادِ الِْب َ لادِ . 6
a. َ غرْضٍ
b. هَدْفٍ
c. فَائِدَةٍ
d. عَزْمٍ
e. عِمَادٍ
Jawab : E
بَانْدُونْج ِبجَاوَا الْغَرِْبيَّةِ َ كانَتْ مَشْهُوْرَةً ِبصِنَاعَةِ الطَّائِرَةِ وَاْلأَحْذِيَةِ
وَ َ ك َ ذلِكَ ِبصِنَاعَةِ ... الَّتِي تُصَدَّرُ اَِلي الِْب َ لادِ اْلأُخْرَي
7.
a. الْمَأكُوْ َ لاتِ
b. اْلأَدْوِيَةِ
c. القِ َ طارَاتِ
d. اْلمَنْسُوْجَاتِ
e. اْلأَطْعِمَةِ
Jawab : D
... التُّجَّارُ اْلبَضَائِعَ مِنْ خَارِجِ الِْب َ لادِ . 8
a. يُصَدِّرُ
b. يُدْخِلُ
c. يَسْتَوْرِدُ
d. يُخِْرجُ
e. يُرْسِلُ
Jawab : C
30
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
1. b. Menulis/menyempurnakan kalimat dengan mempergunakan ujaran-ujaran
yang komunikatif :
1. Tanggapan terhadap perkenalan
Contoh soal
زَارَ عَلِيٌّ صَدِيَْقهُ مَحْمُوْدًا مَعَ اِبْرَاهِيْمْ فَقَالَ : يَا مَحْمُوْد هَ َ ذا اِبْرَاهِيْم .
فَأَجَابَ مَحْمُوْدٌ : ....
9.
a. شُ ْ كرًا َ كثِيْرًا عََلي حُضُوْرِكَ
b. مَعَ السَّلامَة
c. اَِلي اللِّقَاءِ
d. اَْلحَمْدُ لِلَّهِ ِبخَيْرٍوَعَافِيَةٍ
e. ! أَهْ ً لا وَ سَهْ ً لا يَا اِبْرَاهِيْم
Jawab : E
2. Mengemukakan alamat:
Contoh soal
اِسْمِي حَسَنٌ، عُنْوَاِني ... سُوْدِرْمَان رَقْمُ ٤١ دِيُْفوْك . 10
a. َ طِريْقُ
b. جَدْوَلُ
c. شَارِعُ
d. نَهْرُ
e. َقرْيٌَة
Jawab : C
31
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
2. Menulis (Menyempurnakan) percakapan tanya/jawab
عَائِشَة : هَ ْ ل تَتَحَدَّثِيْنَ ِباللُّغَةِ الْعَرَِبيَّةِ ؟
َفاطِمَة : نَعَمْ، َقلِيْ ً لا وََلمْ أَ ُ كنْ مُ ِ جيْدَةً.
عَائِشَة : عَلىَ ُ كلِّ حَالٍ َ لازِمٌ أَنْ ... عََليْهَا، لِأَنَّ الْعَرَِبيََّة لُغَةُ اْلُقرْآنِ.
11.
a. نَتَ َ كلَّمَ
b. نُسَيْطِرَ
c. نَتَحَدَّثَ
d. نُنَاقِشَ
e. نَسْتَعْمِ َ ل
Jawab : E
مَحْمُوْد : هَ ْ ل تُحِبُّ أَنْ تَقْرَأَ الْكُتُبَ فِي الْمَكْتَبَةِ ؟
يُوْنُس : نَعَمْ، أُحِبُّ قِرَاءَ ةَ الْكُتُ ِ ب الَْقدِيْمَةِ. أَيْنَ الْ ُ كتُبُ الَْقدِيْمَةُ ؟
مَحْمُوْد : الْ ُ كتُبُ الَْقدِيْمَةُ تََقعُ فِي ... اْلخَْلفِي .
12.
a. الْ ِ جهَةِ
b. الرَّفِّ
c. الدَّوْرِ
d. الْقِسْ ِ م
e. اْلجُزْءِ
Jawab : B
32
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
الْمُدَرِّسُ : عََلى ُ كلٍّ مِنَّا أَنْ يُحْسِنَ اَِلي جِيْرَاِنهِ وَأَنْ يَحْتَِرمَ حُقُوَْقهُمْ.
مُصْ َ طَفي : هَ ْ ل لِلْجَارِ حُُقوْقٌ يَ ِ جبُ أَنْ نَحْتَِرمَهَا، يَا أُسْتَاذُ !
الْمُدَرِّسُ : نَعَمْ، وَهِيَ َ كثِيْرَةٌ. مَنْ مِنْ ُ كمْ يَعِْرفُ تِلْكَ الْحُقُوْقَ ؟
مَرْيَمُ : مِنْهَاالْمُسَاعَدَةُ وَعِيَادَةُ الْمَِريْ ِ ض وَ ... وَ َ غيْرُهَا
13.
a. التَّهِْنَئةُ
b. تَشِْييْعُ الْجَنَازَةِ
c. التَّهِْنَئةُ
d. التَّهِْنَئةُ وَالتَّعِْزيَةُ
e. تَشِْييْعُ الْجَنَازَةِ وَالتَّهِْنَئةُ وَالتَّعِْزيَةُ
Jawab : E
َلطِيَْفةُ : لِأَيِّ شَيْءٍ تَذْهَِبيْنَ اَِلي السُّوْقِ يَا حَلِيْمَةُ ؟
حَلِيْمَةُ : لِشِرَاءِ بَعْ ِ ض ... َ كاْلخَضْرَوَاتِ وَالْفَوَاكِهِ.
1 4.
a. الأَطْعِمَةِ
b. الْحَوَائِ ِ ج
c. الْحَاجَاتِ
d. الثَّمَراَتِ
e. اْلمُ ِ همَّاتِ
Jawab : B
33
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
عَلِيٌّ : يَا خَالِدُ ، اَِلي أَيْنَ تَذْهَبُ ؟
خَالِدُ : أَذْهَبُ اَِلي مَكْتَ ِ ب الْبَِريْدِ لِشِرَاءِ ... الْبَِريْدِ لإِرْسَالِ اْلخِ َ طابِ اَِلي عَمِّي
فِي سمَارَانج
15.
a. طَاِب ِ ع
b. صُنْدُوْقِ
c. مَكْتَ ِ ب
d. ِبطَاَقةِ
e. غِ َ لافِ
Jawab : A
خَلِيْ ٌ ل : اَُلوْ خَالِدٌ . َ كيْفَ حَالُكَ
خَالِدٌ : ِبخَيٍْر ، شُ ْ كرًا .
خَلِيْ ٌ ل : أَرْ َ غبُ فِي زِيَارَتِكَ هَ َ ذا الْمَسَاءَ اِنْ أَمْ َ كنَ
خَالِدٌ : ِب ُ كلِّ سُرُوْرٍ. ... فِي بَيْتِي مَسَاءٍ
16.
a. أَنْظُرُكَ
b. أَرَاكَ
c. أَلْقَاكَ
d. أَرْجُوْكَ
e. أَنْتَظِرُكَ
Jawab : E
34
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
مَا عَمَلِيَّةُ مُوَظَّفِ اْلبَنك ؟ مِنْهَا َفتْحُ الْحِسَابِ وَ .... . 17
a. صَرْفُ الشِّيْ َ كاتِ
b. اِرْسَالُ الشِّيْ َ كاتِ
c. مَلأُ الاِسْتِمَارَةِ
d. اِدِّخَارُ النُّقُوْدِ
e. تَحْ ِ ويْ ُ ل الْعُمُ َ لاتِ الأَجْنَِبيَّةِ
Jawab : A
+ هَ ْ ل عَرَفْتَ مَرَاحِ َ ل التَّعْلِيْ ِ م الْمُخْتَلَِفَة فِي ِب َ لادِنَا ؟
- نَعَمْ، هِيَ ....
18.
a. التَّعْلِيْمُ الْمُبَكِّرُ وَاْلمَدَارِسُ الاِبْتِدَائِيَُّة وَالْمُتَوَسِّ َ طةُ وَالثَّانَ ِ ويَّةُ وَاْلجَامِعَاتُ
b. التَّعْلِيْمُ الْمُبَكِّرُوَالْمُتَوَسِّ َ طةُ وَالثَّانَ ِ ويَّةُ وَالْعَالِيَةُ
c. اْلمَدَارِسُ اْلاِبْتِدَائِيَُّة وَالْمُتَوَسِّ َ طةُ وَالثَّانَ ِ ويَّةُ وَالْجَامِعَةُ
d. اْلمَدَارِسُ اْلاِبْتِدَائِيَُّة وَالثَّانَ ِ ويَّةُ وَالْعَالِيَةُ وَالْجَامِعَةُ
e. التَّعْلِيْ ِ م اْلمُبَكَّرُوَاْلمَدَارِسُ اْلاِبْتِدَائِيَُّة وَالثَّنَاوِيَُّة وَالْعَالِيَةُ وَالْجَامِعَةُ
Jawab : A
+ هَ ِ ل اْلمَدَارِسُ ِباِنْدُوِنيسِيَا لِلْمَرَاحِ ِ ل الثَّانَ ِ ويَّةِ مُتًنًوِّعٌَة ؟
- نًعًمْ، مِنْهَا الْمَدْرَسَةُ الثَّانَ ِ ويَّةُ الْعَامَُّة وَاْلاِسْ َ لامِيٌَّة، وَالتِّجَارِيَُّة وَالَفِنيَّةُ
وَاْلكِيْمِيَا ئِيَُّة وَ ....
19.
a. الْبَِريَّةُ
b. الْقِطَارِيَُّة
c. الْحَدِيْدِيَّةُ
d. الْبَحِْريَّةُ
e. اْلاِقْتِصِادِيَُّة
Jawab : E
35
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
+ لِمَاذَا دَخَ َ ل عَلِيٌّ فِي قِسْ ِ م اللُّغَةِ الْعَرَِبيَّةِ مِنْ ُ كلِّيَّةِ التَّرِْبيَةِ ؟
- لِأَنَّهُ يُِريْدُ أَنْ يَكُوْنَ ....
20.
a. مُهَنْدِسٍا
b. صَحََفيا
c. َ طِبيْبًا
d. تَا ِ جرًا
e. مُدَرِّسٍا
Jawab : E
+ هَ ْ ل سَمِعْتَ َقوْلَ الرَّسُوْلِ ص م عَ ِ ن التَّعَلُّ ِ م لِمَدَي اْلحَيَاةِ ؟
- نَعَمْ، قَالَ الرَّسُوْلُ ص م : " اُطْلُ ِ ب الْعِلْمَ مِنَ ... اَِلي ....
21.
a. الْمَهْدِ - اللَّحْدِ
b. اللَّحْدِ - الْمَهْدِ
c. الصِّبَا - الشَّيْخُوْخَةِ
d. الصِّغَِر - الْكِبَِر
e. الِْ و َ لادَةِ - الْمَوْتِ
Jawab : A
36
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
مَحْمُوْدٌ : هَ ْ ل تُِريْدُ أَنْ تَكُوْنَ مُدَرِّسَ الرِّيَاضِيَّاتِ
حَمِيْد : َ طبْعًا، هَ ْ ل هُنَاكَ شُرُوْطٌ يَا مَحْمُوْدٌ
مَحْمُوْدٌ : نَعَمْ، مِنْ هَذِهِ الشُّرُوْطِ هِيَ الْحُصُوْلُ عََلي ... الْمَرْحََلةِ الْجَامِعِيَّةِ
اْلأُوْ َ لي فِي الرِّيَاضِيَّاتِ
22.
a. اِجَازَةِ
b. شَهَادَةِ
c. رِسَاَلةِ
d. اِنْمَامِ
e. اِكْمَالِ
Jawab : B
+ مَاذَا يَحْصُلُ اْلمَرْءُ اِذَا اِجْتَهَدَ فِي عَمَلِهِ ؟
- اِذَا اِجْتَهَدَ اْلمَرْءُ فِي عَمَلِهِ سَيَحْصُلُ عََلي ....
23.
a. أَسْوَءِ الْحَاصِ َ لاتِ
b. أَحْسَ ِ ن الْحَاصِ َ لاتِ
c. أََقلِّ الْحَاصِ َ لاتِ
d. أَشَرِّ الْحَاصِ َ لاتِ
e. الْحَاصِ َ لاتِ الْمُمْكِنَةِ
Jawab : B
37
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
الطَِّبيْبُ : مَاذَا ِبكَ يَا وََلد ؟
الْوََلدُ : عِنْدِي صُدَاعٌ يَا دُ ْ كتُوْرْ وَ ِ جسْمِيْ تَعْبَانُ
الطَِّبيْبُ : اُرُْقدْ عََلي هَ َ ذا السَِّريْر لِ .... كَ
24.
a. أَفْحَصَ
b. أَنْظُرَ اَِلي
c. أَرَا
d. أَعِْرفَ
e. أَُفتِّشَكَ
Jawab : A
ِبالأَمْ ِ س ذَهَبَ بَعْضُ أَصْدَِقاءِ أَحْمَدَ لِعِيَادَتِهِ لأَنَّهُ مَِريْضٌ. َفسََألُوْهُ عَنْ حَاَلتِهِ
الصِّحِيَّةِ.
اْلأَصْدَِقاءُ : هَ ْ ل ذَهَبْتَ اَِلي الطَِّبيْ ِ ب ؟
أَحْمَد : نَعَمْ، لِ َ ذا تَحَسَّنَتْ ... اْلآنَ، اَْلحَمْدُ لله.
25.
a. صِحَّتِي
b. بَوْلِي
c. مَعِدَتِي
d. صُدَاعِي
e. أََلمِي
Jawab : A
38
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
... +
- أَتَرَيَّضُ وَآ ُ ك ُ ل اْلأَطْعِمََة الْغِذَائِيََّة وَأَقُوْمُ مُبَكِّرًا لِوِقَايَةِ صِحَّتِي.
26.
a. مَاذَا تَحَْفظُ لِوِقَايَةِ صِحَّتِكَ
b. مَاذَا تَأْكُلُ لِوِقَايَةِ صِحَّتِكَ
c. َ كيْفَ تَعْمَلُ لِوِقَايَةِ صِحَّتِكَ
d. مَاذَا أَعْمَلُ لِوِقَايَةِ صِحَّتِكَ
e. مَاذَا تَعْمَلُ لِوِقَايَةِ صِحَّتِكَ
Jawab : E
+ مَا فَائِدَةُ الْمَحَطَّةِ لِلسَّيَّارَةِ ؟
- َفائِدَتُهَا أَنَّهَا مَ َ كانٌ ... فِيْهِ السَّيَّارَاتُ
27.
a. تَقِفُ
b. تَسِيْرُ
c. تَجِْري
d. تَتَمَرَّنُ
e. تَتَوَقَّفُ
Jawab : A
39
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
؟ ... +
- أَنَا أَقْرَأُ رِيُْفوْبْلِيكَ.
28.
a. هَ ْ ل تَعِْرفُ اِسْمَ الْجَرَائِدِ
b. أَيَُّة جَِريْدَةٍ تَ ْ قرَأُهَا
c. أَيْنَ تَ ِ جدُ أَنْوَاعَ الْجَرَائِدِ
d. لِمَاذَا تَقْرَأُ رِيُْفوْبْلِيكَ
e. َ كيْفَ تَقْرَأُ الْجَِريْدَةَ
Jawab : B
عُمَرُ : مَاعَمَلُ الصَّحَفِيِّ، يَاحَسَنُ ؟
حَسَنُ : مِنْهَا اْلبَحْ ُ ث عَ ِ ن ....
29.
a. الرِّزْقِ وَاِنْفَاُقهُ
b. النُّقُوْدِ وَأتَّصَرُّفُ ِبهِ
c. اْلأَمْوَالِ وَحِسَابُهَا
d. الطَّعَامِ وَأَكْلُهُ
e. اْلأَخْبَارِ وَكِتَابَتُهَا
Jawab : E
40
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
مَرْيَمُ : هُنَاكَ أَنْوَاعٌ مِنَ الْمَجَلاَّتِ ، يَا َليَْلي !
َليَْلي : نَعَمْ صَحِيْحٌ. أَ ُ ظنُّ أَنَّ لِ ُ كلِّ مَجَلَّةٍ مَِزيًَّة، مََث ً لا مَجَلَّةُ َ كارْتِيِْني أَكَْثرُ
الْمَقَا َ لاتِ فِيْهَا تَتَعَلَّقُ ِب ....
30.
a. اْلاِقْتِصَادِ
b. السِّيَاسَةِ
c. التَّرِْبيَّةِ
d. النِّسَاءِ
e. الرِّجَالِ
Jawab : D
بُوْدِي : مَا هُوَ الْجِهَازُ الَّذِي يَبُثُّ اْلأَخْبَارَ ِبصَوْتٍ دُوْنَ صُوْرَةٍ ؟
رُوْدِي : هُوَ ....
31.
a. الْجَِريْدَةُ
b. التِّلْفِِزيُون
c. الْمَجَلَّةُ
d. التِّْلُفوْن
e. الرَّادِيُو
Jawab : E
مَ ِ ن الَّذِي يَقُوْمُ ِبتَنْفِيْذِ اْلأُمُوْرِ الدَّوْلِيَّةِ فِي الْخَارِجِ ؟ .... . 32
a. مُوَظَّفٌ
b. وَزِيْرٌ
c. تَاجِرٌ
d. وِزَارَةٌ
e. سَفِيْرٌ
Jawab : E
41
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
+ مَا الْهَدَفُ مِنْ اِقَامَةِ هَيَْئةِ الْمُؤْتَمَِر اْلاِسْ َ لامِيِّ الدَّوْلِي ؟
- الْهَدَفُ مِنْ ذَلِكَ لاِنْشَاءِ ... فِي أَنْوَاعِ الْمَجَا َ لاتِ.
33.
a. التَّرَاحُ ِ م
b. الْمُوَاصَ َ لاتِ
c. التَّعَاوُنِ
d. التَّنْمِيَةِ
e. اْلبَنكِ
Jawab : C
مَا رَأْيُكَ فِي الْبَيْتِ الَّذِي عِنْدَهُ بُسْتَانٌ ؟ اِنَّهُ .... . 34
a. عَظِيْمٌ
b. َ كِبيْرٌ
c. َ كثِيْفٌ
d. جَمِيْ ٌ ل
e. جَدِيْدٌ
Jawab : D
+ الطَّالِبُ اْلأَوَّل : مَا رَأْيُكَ فِي مِهْنَةِ التَّدْرِيْ ِ س يَا أَخِي ؟
- الطَّالِبُ الثَّاِني : فِىرَأِْيي أَنَّ التَّدْرِيْسَ مِهْنٌَة ... لِجُهْدِهِ لإِسْتِعْدَادِ الْجَيْ ِ ل
الْمُتََقدِّمِ
35.
a. مُنَاسِبٌَة
b. مُحْتَرَمٌَة
c. مَحْبُوْبٌَة
d. سُهْلٌَة
e. خَفِيَْفٌة
Jawab : B
42
Panduan Materi Bahasa Arab SMA/MA (BAHASA)
DEPDIKNAS Hak Cipta pada Pusat Penilaian Pendidikan
3. Menyusun kalimat dari kata-kata acak
Contoh soal
رَتِّبْ هَذِهِ الْكَلِمَاتِ فِي جُمَْلةٍ مُفِيْدَةٍ !
فِيْ يَوْمِ الْعُطَْلةِ الطُّلاَّبُ يَزُوْرُ دَارَ الآَثارِ
36.
a. فِيْ يَوْمِ الْعُطَْلةِ الطُّلاَّبُ يَزُوْرُ دَارَ الآَثارِ
b. الطُّلاَّبُ يَزُوْرُدَارَ الآَثارِفِيْ يَوْمِ الْعُطَْلةِ
c. يَزُوْرُالطُّلاَّبُ دَارَ الآَثارِفِيْ يَوْمِ الْعُطَْلةِ
d. يَزُوْرُالطُّلاَّبُ فِيْ يَوْمِ الْعُطَْلةِ دَارَ الآَثارِ
e. يَزُوْرُدَارَ الآَثارِ فِيْ يَوْمِ الْعُطَْلةِ الطُّلاَّبُ
Jawab : C
Menyusun paragraf dari kalimat acak
Contoh soal:
4. Menulis/menyempurnakan paragraf yang belum lengkap
Contoh soal
43
0 komentar:
Posting Komentar