ao camciicamcioo's: menghindari dari rasa ngantuk: camciio's









Welcome to my blog, hope you enjoy reading
RSS

Kamis, 16 Juni 2011

menghindari dari rasa ngantuk:

Hooooaaaamm . . . Huft, sapa sih tidak sebal dengan ngatuk pada kondisi yang tidak tepat. Misal di waktu jam produktif kita merasa ngantuk, maka sudah pasti akan sangat mengganggu pekerjaan kita. Ngantuk adalah hal yang paling tidak bisa dicegah, parahnya hal ini bisa datang kapan dan dimana aja. Bahaya banget kan kalo lagi ujian ato ada meeting bareng bos ditempat kerja kitanya malah ngantuk ? Wah bisa stress banget kalau keadaan sudah kayak gitu!
Tapi sebenarnya jika kita tidur dan bangun pagi dengan baik dan teratur, biasanya ngantuk juga bisa diatur (yaitu menjelang jam tidur waktunya normal “malam hari”). Seperti yang kita ketahui dengan baik, jam tidur orang dewasa cenderung lebih pendek jika dibandingkan dengan jam tidur anak-anak. Belum lagi karena lain hal seperti tuntutan pekerjaan yang deadline membuat kita haru memotong jam tidur kita menjadi ekstrim tidak karuan (Kayak BJ Habibie waktu jadi Presiden RI yang ke-3 buat nurunin rupiah dibawah 10 ribu Cuma tidur 3 jam dalam satu hari, benar gak sih he3x…!).
Berikut ini adalah ada beberapa tips agar kita bisa menghindari dari rasa ngantuk:
1. Sarapan
Jangan lewatkan sarapan ! Walaupun terkesan sepele, sarapan sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh. Setidaknya dengan sarapan maka perut tidak kosong, sehingga ada tenaga dan sangat membantu untuk mengerjakan dan melakukan aktivitas. Sarapan juga sangat bermanfaat agar kita tidak makan balas dendam (makan dengan porsi besar) ketika makan siang.
2. Ayo Bergerak
Sesaat sebelum bekerja tidak ada salahnya untuk ups… Angkat bokong kamu dan bergerak untuk melakukan olah raga ringan. Selain meringankan sirkulasi darah, menggerakkan anggota tubuh juga dapat membantu untuk mengusir rasa kantuk
3. Manfaatkan jam istirahan siang dengan baik
Jaga porsi makan, dan lanjutkan dengan mengonsumsi asupan buah-buahan sebagai cemilan menjelang sore. Dengan memakan dengan porsi cukup dan tidak berlebihan juga sangat membantu untuk menjaga tubuh tidak menjadi ngantuk. Jika memungkinkan tidur siang setidaknya 15 menit untuk melepaskan penat dan mengurangi utang tidur yang ditanggung oleh tubuh.
4. Fokus
Jika seseorang sudah fokus pada sesuatu, itu berarti dia merasa asik dan tidak mungkin menganrtuk, karena rasa kantuk datang ketika kita merasa bosan. Nah untuk mengurangi rasa bosan ini, salah satunya adalah dengan memotivasi diri agar dapat melakukan pekerjaan dengan baik. Apa motivasi tersebut? Hmm… Itu sih tergantung dari pribadi kita masing-masing, sebagai contoh mungkin dapat melihat sekilas foto orang kita sayangi seperti pacar, keluarga, dan lain-lain.

0 komentar:

Poskan Komentar